SPONSOR

KOMPONEN SIG

  
diagram komponen sistem informasi geografis
apa-itu-sig-3-638Setelah memahami pengertian dan manfaat dari penerapan aplikasi SIG yang di bahas pada bagian sebelumnya (konsep sistem informasi SIG) maka langkah selanjutnya memahami apa apa saja komponen yang terdapat pada aplikasi SIG, adapun komponen komponen tersebut adalah sebagai berikut :
1. Hardware (Perangkat Keras)
SIG membutuhkan hardware atau perangkat komputer yang memiliki spesifikasi lebih tinggi dibandingkan dengan sistem informasi lainnya untuk menjalankan program-program dari software SIG tersebut, seperti kapasitas Memori ( RAM), Hardisk, Prosessor, serta VGA Card. Hal tersebut disebabkan karena data-data yang digunakan dalam menjalankan aplikasi SIG baik vektor maupun data raster penyimpanannya membutuhkan kapasitas ruang yang besar dan dalam proses analisis nya membutuhkan memori besar dan prosessor yang cepat, agar berjalan dengan baik.

2. Software (Perangkat Lunak)
Software SIG merupakan sekumpulan program aplikasi yang dapat memudakan kita dalam melakukan berbagai macam pengolahan, analisis pemetaan, penyimpanan, editing, hingga layout setting.
3. Sumberdaya Manusia
Penerapan Aplikasi SIG tidaklah menjadi bermanfaat tanpa adanya campur tangan sumberdaya manusia yang mengelola sistem dan membangun perencanaan yang dapat diaplikasikan sesuai kondisi “dunia yang sebenarnya”. Sama halnya seperti sistem informasi lainnya Pemakai SIG pun juga harus memiliki keahlian ddengan tingkatan tertentu, dari tingkat spesialis teknis yang mendesain dan memelihara sistem sampai dengan pada pengguna yang menggunakan SIG untuk menolong pekerjaan mereka sehari hari.
4. Data
Data yang terdapat pada komponen SIG yaitu data dan
informasi spatial yang merupakan bahan dasar dalam SIG. Data ataupun realitas di dunia /alam akan diolah menjadi suatu informasi yang terangkum dalam suatu sistem berbasis keruangan dengan tujuan-tujuan tertentu.
SIG merupakan satu kesatuan sistem yang terdiri dari berbagai komponen, tidak hanya perangkat keras komputer beserta dengan perangkat lunaknya saja akan tetapi harus tersedia data geografis yang benar dan sumberdaya manusia untuk melakukan perannya dalam memformulasikan dan menganalisis persoalan yang menentukan keberhasilan dari SIG itu sendiri. Tingkat keberhasilan dari suatu kegiatan SIG dengan tujuan apapun itu sangat bergantung dari interaksi ke empat faktor ini, jika salah satunya tidak ada maka hasilnya pun menjadi tidak relevan.
Share on Google Plus

About indrade

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment