SPONSOR

MEMBUKA DATA SPASIAL ATAU PETA YANG TELAH ADA MENGGUNAKAN ARCMAP


Setelah memgetahui dasar dasar dari SIG yang di jelaskan sebelumnya ( baca konsep sistem informasi geografis ) maka selanjutnya akan dijelaskan mengenai bagaimana pengoperasian aplikasi SIG. Dalam hal ini aplikasi yang digunakan yaitu Arcgis 10 yang didalamnya mencakup aplikasi Arcmap, Arcview, Arccatalog dan lain sebagainya.
Langkah awal dalam pengoperasian ini yaitu membuka data spasial atau peta yang telah ada dengan menggunakan arcmap. Nah dianggap disini kita telah menginstal aplikasi Arcgis 10 dimana seperti yang diseut tadi pada aplikasi tersebut telah mencakup aplikasi Arcmap, aplikasi arcmap digunakan untuk memproses dan menganalisa data data spasial yang ada.
Adapun langkah-langkah dalam membuka data spasial atau peta yang telah ada adalah sebagai berikut :

  • Mulai Arcmap dengan klik start >>> Program >>> Arcgis >>> Arcmap. Atau dengan mengklik ikon Arcmap pada dekstop komputer.
  • Setelah arcmap berjalan maka akan terlihat kotak dialog startup yang akan memberikan pilihan untuk memulai sebuah pekerjaan. Kita dapat memilih antara lain : membuka project baru (new maps – blank maps), membuka format yang telah disediakan ( new maps – tamplates), atau membuka sebuah project document yang telah ada atau project yang telah dibuat sebelumnya ( existing maps). 
membuka data spasial atau peta yang telah ada di arcmap

  • Pilih Existing Maps, kemudian pilih klik browser for more ... untuk melihat project document    yang telah ada. Dan kemudian lanjutkan dengan klik OK
  • Arahkan pada directory tempat penyimpanan project yang telaha ada untuk dibuka.

  • membuka data spasial atau peta di arcgis 10

  • Setelah dipilih dan klik open maka akan tampil project atau peta yang ingin ditampilkan
Share on Google Plus

About indrade

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment