SPONSOR

MENGGUNAKAN FITUR BOOKMARK PADA APLIKASI ARCMAP DI ARCGIS 10


Apa itu bookmark? Bookmark adalah suatu cara  menyediakan cara pintas ke tempat-tempat menarik di peta atau layout. Bookmark memiliki kemudahan untuk Anda agar langsung tertuju pada lokasi saat ini dan skala peta yang telah di setting dan disesuaikan sebelumya sehingga memudahkan dalam menampilkan peta/layout yang dinginkan. dimana hanya dengan mengklik bookmark, maka peta akan  membesarkan ke lokasi yang telah kita setting sebelumnya.

Selain itu Bookmark adalah salah satu alat navigasi yang handal di arcmap. Bookmark berfungsi untuk menyimpan informasi zoom dan pan pada suatu kondisi tertentu sehingga kita bisa dengan mudah menampilkannya zoom dan pan tersebut kembali.

Contoh penggunaan bookmark adalah sebagai berikut :
  • Zoom menggunakan zoom in ke layer yang dituju seperti contoh layer CNTRY92
  • Klik pada menu bookmark > pilih Create
  • Isikan dengan nama yang diinginkan contoh afrika
  • Klik ok lihat gambar dibawah
  • Sebuah bookmark dengan nama afrika sudah tersimpan
  • Kita bisa membuat sebanyak banyak nya bookmark untuk memudahkan dalam pengerjaan suatu analisa. Misalnya per wilayah propinsi/district, kota dll namun yang perlu diingat bahwa kegunaan bookmark dalam hal ini hanya untuk memudahkan pencarian areal yang bersangkutan dalam pengeditan atau analisa. Jadi bookmark tidak perlu dilakukan untuk project yang sudah jadi
  • Lebih lanjut dalam mengelola bookmark dapat dilakukan dengan bookmark manager, yang dapat diakses melalui menu bookmark > manage. 
menggunakan fitur bookmark pada aplikasi arcmap di arcgis10

Demikian mengenai bookmark yang terdapat di aplikasi arcgis, perlu dipahami juga bagaimana mengatur skala dalam proses pembuatan peta, hal tersebut dapat dlihat disini (mengatur/setting skalapada aplikasi arcmap)

Share on Google Plus

About indrade

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment