SPONSOR

SETTING/PENGATURAN SKALA PADA APLIKASI ARCMAP DI ARCGIS 10

SETTING DAN PENGATURAN SKALA PADA APLIKASI ARCMAP DI ARCGIS 10

Pada Sistem Penayangan Kartografis terdapat unsur skala didalamnya, dimana skala sebagai perbandingan jarak sebernarnya dengan jarak pada tampilan gambar peta, nah oleh sebab sangat diperlukannya skala dalam sistem penayangan kartografis maka kali ini kita akan membahas mengenai pengaturan skala pada aplikasi Arcmap, namun untuk yang belum jelas mengenai sistem penayangan kartografis dapat dilihat disini >>>(Sistem Penayangan Kartografis).
Skala adalah perbandingan antara jarak pada model (peta, View) dengan jarak sebenarnya yang terdapat di permukaan bumi. Mengatur skala adalah salah satu cara untuk mengatur “zoom” ataupun perbesaran peta, karena skala dapat berperan sebagai zoom level atau perbesaran pada level tertentu.
Skala datap diatur dengan mengatur tool skala yang biasanya berada pada toolbar standar.

setting skala pada aplikasi arcmap sistem penayangan kartografis
Toolbar Skala


Pengaturan skala dapat dilakukan dengan salah satu cara berikut ini :
  • Ketikan skala secara manual, misalnya 1:20,000,000. Perlu diperhatikan bahwa kita tidak perlu mengisi angka 1 (satu) ataupun pemisah satuan ribuan. Sebagai contoh untuk mengisi skala 1:20,000,00 kita cukup mengetikkan 20000000.
  • Klik pada dropdown, kemudian pilih skala yang tersedia.


Daftar skala yang tersedia menggunakan skala-skala baku di US (United State), kita bisa memodifikasi daftar skala yang tersedia agar pengaturan skala dengan drop-down lebih cepat, dengan cara sebagai berikut :
  1. Klik pada dropdown skala
  2. Klik “Custumize this List”
  3. Pilih delete all
  4. Isikan angka 10000
  5. Klik add
  6. Isikan satu persatu skala standar yang diinginkan, misalnya 10000, 20000, 250000, 500000, 100000, dst... (tanpa tanda separator atau tanda pemisah koma ribuan)
  7. Klik OK (lihat gambar)

setting dan pengaturan skala pada aplikasi arcmap di arcgis 10

pengaturan selesai sekarang kita telah dapat melihat pengaturan peta telah sesuai dengan skala yang diinginkan.
Share on Google Plus

About indrade

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment