SPONSOR

KONSEP SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS

konsep sistem informasi geografis
konsep sistem informasi geografisSistem informasi geografis atau lebih dikenal dengan bahasa inggrisnya “Geographic Information System /Gis” merupakan sistem informasi yang berbasis komputer yang digunakan untuk mengolah, menyimpan data atau informasi geografis. Sistem informasi Geografis mulai dikenal pada awal 1980 an dimana pada saat itu sedang berkembangnya perangkat komputer, baik perangkat lunak nya (Software) ataupun Peangkat keras nya (Hardware). Namun pada era tahun 1990 an GIS mengalami perkembangan sangat pesat sampai dengan saat ini.
Secara umum pengertian dari SIG yaitu “ suatu komponen yang terdiri dari perangkat keras, perangkat lunak, sumberdaya manusia dan data yang bekerja sama secara efektif untuk memasukkan, menyimpan, mempernaiki, memperbaharui, mengelola, memanipulasi, mengintergrasikan, menganalisa dan menampilkan data dalam suatu informasi berbasis geografis.
SIG akan selalu diasosiasikan dengan sistem yang berbasis komputer, walaupun pada dasaranya SIG dapat dikerjakan secara manual, SIG yang berbasis komputer akan sangat membantu ketika data geografis merupakan data yang besar ( dalam jumlah dan ukuran) dan terdiri dari banyak thema yang saling relevan/berkaitan.
konsep sistem informasi geografisSIG mempunyai kemampuan dalam hal menghubungkan berbagai data pada suatu titik tertentu di bumi, menggabungkannya, menganalisa dan akhirnya memetakan hasilnya. Data yang akan diolah pada SIG merupakan data Spatial, “ apa itu data Spatial?” Data Spatial adalah sebuah data yang berorientasi geografis dan merupakan lokasi yang memiliki sistem koordinat tertentu, sebagai dasar referensinya. Dengan demikian manfaat dari Aplikasi SIG dibandingkan dengan sistem informasi lainnya yaitu dapat memberikan penjelasan dari beberapa pertanyaan seperti Lokasi, kondisi, trend, pola dan permodelan.
Secara umum ada beberapa alasan yang mendasari mengapa perlu menggunakan SIG yaitu :
    1. SIG menggunakan data spasial maupun atribut secara terintergarsi
    2. SIG dapat memisahkan antara bentuk presentasi dan basis data
    3. SIG memiliki kemampuan menguraikan unsure-unsur yang ada dipermukaan bumi ke    dalam beberapa layer atau coverage data spasial
    4. SIG memiliki kemampuan yang sangat baik dalam menvisualisasikan data spasial berikut atributnya
    5. Semua operasi SIG dapat dilakukan secara interaktif
    6. SIG dengan mudah menghasilkan peta -peta tematik
    7. SIG sangat membantu pekerjaan yang erat kaitanya dengan bidang spasial dan geoinformatika.
Share on Google Plus

About indrade

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment